SEDEKAH DALAM ISLAM

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat Al-Faqirah…

         Dalam kehidupan sehari-hari manusia didesak dengan kebutuhan yang tiada henti, perjalan hidup tersebut banyak tuntutan dan persolan yang harus dipenuhi dan  diselesaikkan dengan sabar dan ikhlas dan tawakkal, terkadang manusia disibukkan dengan urusan sendiri tanpa melihat sekelilingnya atau lingkungan dimana dia berdomisili, tidak semua manusia mampu memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, ada kalanya manusia tersebut butuh bantuan orang lain demi untuk mempertahankan hidupnya, terkadang dia rela menghabiskan waktunya dari pagi hingga malam mencari nafkah demi untuk memenuhi kebutuhan pokok, dalam Islam diutamakan kita menolong orang yang membutuhkan pertolongan baik dalam bentuk apapun baik moril maupun materil, ketika kita melihat orang yang membutuhkan pertolongan hendakalh kita menolong orang tersebut sebisa mungkin, karena hidup akan terasa indah ketika kita bisa berbagi dengan orang lain.

          Mencari sesuatu yang belum pasti kadang membuat seseoarang merasa bosan dan tidak dapat mengendalikan hidupnya, karena orang yang kategori kekurangan atau miskin bisa menjadi kan ingkarnya seseorang tersebut kepada perintah Allah dalam isalam dijelaskan “kemiskinan itu bisa membawa kekafiran” seseorang itu, maka dari itu ketika kita ditimpa musibah kemiskinan maka hendaklah kita bersabar, karena Allah bersama orang-orang yang sabar. 

        Dalam Islam, sedekah yaitu berasal dari bahasa arab yaitu sadaqoh  yang artinya suatu pemberian oleh seseorang yang untuk orang lain secara sukarela dan ikhlas. Dan hanya ingin mendapatkan ridha dari Allah SWT atau pahala semata. Banyak firman Allah dalam Alqur’an yang menganjurkan dalam sadaqoh diantarnya Q.S An Nisaa (4): 144 yang artinya : “tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) membuat sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barang siapa yang membuat demikian karena mencari keridhaan dari Allah, maka kelak kami akan memberikan kepadanya pahala yang besar”.  

          Nilai Pahala sedekah akan hilang bila si pemberi menyebut-nyebut (riya) ssedekah yang ia berikan atau menyakiti hati dan perasaan di penerima sedekah dalam hal tersebut Allah menjelasakan dalam Q S Albaqarah (2): 264) yang artinya sebagia berikut : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan sipenerima.
  
Tetap semangat share ilmu di dunia nyata ataupun dunia maya dan tetap berdakwah, tentunya dengan memohon pertolongan Allah dan berhias dengan keikhlasan.

Al-Faqiroh Albanjary    

1 komentar:

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
Tshirt Dakwah Quote

Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Buktikan Cintamu dengan Menikah


EmoticonEmoticon